Cara Perbaiki Reset Printer Canon iP 1980

Printer Canon iP 1980Sebenarnya cara perbaiki reset printer Canon iP 1980 ini hampir sama dengan Cara Reset Printer Canon iP 2770 yang sudah terlebih dahulu saya posting. Saya menggunakan kata perbaik dan bukan reset karena tulisan ini untuk anda yang selalu menggunakan kata kunci perbaik printer rusak dalam mencari informasi seputar perbaikan printer, dan juga biasanya, orang awam tidak mengenal istilah reset, yang dikenal hanyalah rusak, rusak berarti printer tersebut tidak bisa digunakan, begitulah kira-kira orang awam menganggap kerusakan printer, semoga benar perkiraan saya ini.

Kerusakan printer itu banyak macamnya, ada yang mati total, ada yang lampuh hidup normal tapi tidak mau mencetak, ada yang lampu hijau (power) dan orange (resume) nyala bergantian (berkedip) dan masih banyak kerusakan lainnya. Pada tulisan dari WeruTech kali ini tentang kerusakan printer yang tidak bisa mencetak dan lampu power dan resume berkedip bergantian. Untuk memperbaiki kerusakan printer seperti ini istilah yang biasa digunakan yaitu mereset printer. Reset seperti halnya dengan mereset waktu atau jam, atau mereset CPU artinya menghidupkan dari awal.

Sebenarnya tindakan reset mereset ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan reset temporary dan reset permanen, Reset temporary dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah, hanya dengan melakukan beberapa tindakan sederhana, printer langsung dapat digunakan. Sedangkan reset permanen harus membutuhkan software untuk mereset printer bermasalah tersebut, nah di sini saya hanya menjelaskan cara termudah saja yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa membutuhkan software, yaitu reset temporary. Berikut adalah caranya.

1. Siapkan kedua tangan anda agar tidak memegang apa-apa karena kedua tangan anda harus digunakan bersama.
2. Matikan printer anda dan cabut kabel power printer ke stop kontak.
3. Tekan dan tahan tombol power (jangan dilepas tombol power hingga perintah untuk melepasnya)
4. Sambungkan kembali kabel power ke listrik (stop kontak), gunakan tangan kiri kalau tangan kanan menekan tombol power atau sebaliknya.
5. Tekan tombol Resume dan lepas (lampu berwarna orange)
6. Tekan dan lepas sekali lagi tombol Resume
7. Lepas tombol Power
8. Tunggu hingga tombol power normal
9. Printer sudah siap untuk digunakan.

Cara reset printer canon iP 1980 ini sudah banyak yang menulis dan printer ini termasuk printer lawas, namun oleh karena hari ini saya masih juga mendapat perbaikan printer dengan masalah lampu orange berkedip seperti ini akhirnya saya tulis juga agar pengunjung blog WeruTech yang membutuhkan, tidak susah mencari kemana-mana lagi. Meskipun cara ini adalah reset temporary yang sifatnya sementara, yang berarti bahwa nanti akan muncul masalah yang sama lagi dalam beberapa waktu, namun cara ini cukup berhasil untuk melanjutkan pekerjaan mencetak.

Semoga dengan artikel Cara perbaiki atau cara reset printer Canon iP 1980 ini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog WeruTech.

Artikel Terkait :

Tips Merawat Komputer Pribadi
10 Tips Aman Menggunakan Internet
cara mengetahui virus di komputer
Cara Merekam Aktivitas di Komputer
Tips Menyuntik Tinta Printer Deskjet
Cara Perbaiki Reset Printer Canon iP 1980
6 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>